Dari Purwokerto - Jakarta, LPP TVRI Sambut Hangat Kunjungan SMK Swagaya 1 Purwokerto

3 months ago

Dari Purwokerto - Jakarta, LPP TVRI Sambut Hangat Kunjungan SMK Swagaya 1 Purwokerto

Jakarta (11/10/2022) - Setelah menempuh waktu yang cukup panjang dari Purwokerto menuju Jakarta yaitu selama 12 jam, SMK Swagaya 1 Purwokerto sampailah di Kantor Pusat LPP TVRI. Kehadiran tamu spesial ini, disambut oleh sejumlah pegawai LPP TVRI. Kegiatan kunjungan SMK Swagaya 1 Purwokerto ke LPP TVRI ini diawali dengan acara pembukaan yang diadakan di halaman depan Gedung Pusat Produksi Siaran (GPPS) LPP TVRI dan diterima dengan hangat oleh Umi Nazifah, Pranata Humas Ahli Muda. 

Kunjungan ini dimulai dengan berkeliling studio yang berada di GPPS. Sebelumnya, para siswa yang berjumlah 47 siswa dengan 3 guru pendamping ini telah dibagi menjadi 2 kelompok agar lebih memudahkan perjalanan kunjungan. Berawal dari Studio 7 yang sedang melakukan proses rekaman untuk “Serambi Islami”, peserta kunjungan melanjutkan kunjungannya menuju Studio 8 yang juga sedang melaksanakan proses  rekaman “Buah Hatiku Sayang”. Kemudian, peserta kunjungan bergegas naik menuju ke lantai 2 untuk mengunjungi area sub control dan master control yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana mengelola acara-acara televisi sebelum akhirnya acara tersebut disiarkan di televisi. Penjelasan mengenai proses kerja dari master control ini dijelaskan lebih mendalam oleh Kak Yogi.

Selanjutnya, peserta kunjungan diarahkan untuk menuju studio 4 atau yang biasa disebut dengan Studio Newsroom (berita), tempat program pemberitaan disiarkan. Di dalamnya, peserta kunjungan dapat melihat secara langsung bagaimana tata artistik dan tata kamera yang digunakan saat siaran berita seperti yang sudah sering mereka saksikan di layar televisi. Studio 4 Berita merupakan destinasi terakhir yang dikunjungi sebelum akhirnya para peserta kunjungan kembali menuju halaman GPPS untuk mendengarkan pesan penutup dari Umi Nazifa. 

“Kesan yang didapat pada hari ini sangat menarik khususnya untuk siswa siswi, kita mendapatkan ilmu yang baru khususnya sebuah penyiaran langsung  maupun yang rekaman. Ternyata di TVRI ini semuanya masuk sebagai televisi pemersatu bangsa, penyiaran tidak hanya berita saja namun  tersedia tentang edukasi tentang anak-anak dan agama.”, ujar Hardis Gardiantoro selaku guru dan Ketua Jurusan Multimedia SMK Swagaya 1 Purwokerto. 

Hardis juga menyampaikan saran untuk pihak LPP TVRI “saya sangat bahagia sekali jika ada peliputan terhadap sekolah-sekolah untuk mengedukasi bahwa LPP TVRI itu tidak hanya untuk dewasa tetapi untuk remaja dan anak-anak.”

Hena Safira, salah satu siswi peserta kunjungan mengatakan bahwa LPP TVRI merupakan stasiun televisi yang bagus dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan Hena tertarik untuk bisa bekerja di LPP TVRI suatu saat nanti.

“Program TVRI yang ditayangkan sangat mendidik, untuk seseorang yang menyaksikan juga dapat menambah wawasan yang lebih luas.”, tambah Hena Safira di akhir kesannya.

Kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama serta mengabadikan video kenangan dengan menyerukan yel-yel LPP TVRI dan SMK Swagaya 1 Purwokerto.