Kanal TVRI World Raih Penghargaan di Asiavision News (AVN) Awards 2022, Mantapkan Langkah Menuju Lembaga Penyiaran Kelas Dunia

3 months ago

Kanal TVRI World Raih Penghargaan di Asiavision News (AVN) Awards 2022, Mantapkan Langkah Menuju Lembaga Penyiaran Kelas Dunia

New Delhi (06/10/2022) - Asiavision News Exchange Program atau yang biasa dikenal dengan AVN merupakan wadah pertukaran berita harian melalui satelit dan pemindahan data oleh Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). LPP TVRI yang merupakan salah satu dari 7 negara yang menginisiasi hadirnya Asiavision yang dipayungi oleh ABU ini, senantiasa turut serta dalam memberikan siaran berita dari Indonesia untuk dapat disiarkan di Asia Pasifik. Beberapa tahun terakhir, Asiavision telah mengadakan acara penghargaan bernama AVN Awards sebagai bentuk penghargaan kepada anggotanya yang saat ini telah berjumlah 20 negara.

Setelah dua tahun absen akibat Pandemi Covid-19, tahun ini AVN Awards diselenggarakan di New Delhi, India pada tanggal 6 Oktober 2022 lalu. Istimewanya, LPP TVRI berhasil meraih penghargaan AVN Awards pada kategori Outstanding Breaking News pada perhelatan AVN Awards 2022 ini. LPP TVRI berhasil mengalahkan sejumlah nominator lain seperti CCTV China, NHK Jepang, TRT World Turkiye, SLRC Sri Lanka dan IRIB Iran dalam memenangkan penghargaan pada kategori ini. Anugerah AVN Awards 2022 diselenggarakan di sela Kegiatan Global News Forum yang digelar oleh Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) di Taj Palace, New Delhi India. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh dunia. 

Diraihnya penghargaan ini tidak luput dari kerja keras pegawai LPP TVRI khususnya untuk kanal TVRI World. Beragam upaya dilakukan oleh TVRI untuk terlibat langsung ke dalam AVN. Berita pertama yang TVRI kirimkan kepada AVN adalah berita seputar Tragedi Brexit 2016. Sejak saat itu, TVRI aktif dalam mengirimkan berita kepada AVN di setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dalam 3 bulan terakhir, TVRI berhasil menempati pengiriman berita terbanyak se-Asia Pasifik.

“Tim dari TVRI setiap harinya mengirimkan berita kepada AVN. Kami bisa mengirimkan sebanyak 15 berita dalam sehari dengan tujuan adanya berita yang terpilih untuk monthly award agar nantinya dapat diperhitungkan untuk menjadi nominasi di ajang AVN Award.”, ujar Yusuf Ghazali sebagai salah satu perwakilan LPP TVRI di AVN.

TVRI senantiasa menjaga dan mempertahankan kualitasnya sebagai lembaga penyiaran publik di Indonesia maupun dunia. Dalam hal ini, TVRI akan lebih berusaha untuk meraih penghargaan pada kategori lainnya dan mempertahankan penghargaan ini di ajang AVN Awards selanjutnya. Optimisme ini didukung oleh hadirnya kanal TVRI World, sehingga TVRI dapat lebih memfokuskan tujuannya menjadi lembaga penyiaran berkelas dunia.